ILLUSTRATION | MASTER MIND


Master Mind Karya ewafebri




DRAWING PEN ON PAPER
A5
AUGUST, 2020


DESKRIPSI

Mushroom Growth : (ˈmʌʃruːm ɡrəʊθ) rapid increase or growth.


Di jaman yang serba digital seperti saat ini, mudah sekali kita mendapatkan informasi dan feedback dari berbagai aspek. Feedback tersebut bisa baik, bisa juga buruk. 

Jika kita tak pandai memahami diri kita sendiri, informasi tersebut bisa menjadi racun / toxic. Yang pada akhirnya akan menguasai hidupmu.


  • Kita akan hidup dalam ekspektasi orang lain. 
  • Kita akan hidup sesuai tuntutan orang lain. 
  • Kita akan hidup dengan validasi orang lain dan
  • Kita akan menjadi seperti orang lain. 


Namun jika kita bisa merespon informasi tersebut dengan baik dan mengolahnya dalam pikiran dan cara kita sendiri, maka akan berkembang dengan pesat untuk diri kita sendiri. 

Belajar tak harus didapat dari formal dan bukan melulu tentang mata pelajaran. Belajar bisa berbentuk apapun dalam segala aspek kehidupan.

Tapi belajar bukan berarti membawa diri kita seperti yang diinginkan orang lain. Maksud mereka mungkin baik, tapi cara mereka belum tentu cocok dengan kondisi dan jalan hidup kita. 

Jika ucapan, pendapat maupun postingan orang lain membuatmu merasa tidak nyaman, maka cukup dengan tidak meresponnya. Dan fokuslah terhadap hal yang membuatmu berkembang.

Biarkan mereka menjadi diri mereka sendiri. Dan biarkan kita berkembang dengan cara kita sendiri. 

Ingat ! 

Kita tak bisa mengatur pendapat dan feedback orang lain, tapi setidaknya kita punya pilihan untuk mengontrol pikiran dan hidup kita sendiri. Berkembanglah menjadi dirimu yang terbaik, meski banyak orang lain yang meremehkan dan mencibirmu. 

Kamu tak harus menjadi seperti mereka !

Karena kamu punya keunikanmu sendiri !